VPS for Traders





Search This Blog

Loading...

Pages

Google

Buat Server DNS + Domain di Ubuntu

source : http://pinokiook.blogspot.com/

Hari ini, kebetulan lagi mut banget mau nulis tutorial. Kali ini rencananya gue mau coba share tentang gimana cara buat DNS sama domain di server jaringan kita. Kata orang kegunaan DNS itu untuk nerjemahin domain jadi alamat ip. misalnya ketika kita ketik www.google.co.id di addrss web browser lo, maka secara otomatis DNS akan nerjemahinnya ke ipadress nya si om google itu.

Dulu pada mulanya setiap web server itu alamatnya bukan nama domain lho. tapi ip addressnya. tapi karena susah ngapalin angka dari nama, maka dibuat dech si DNS ini. coba, enakan ngapalin www.google.co.id atau 64.233.161.104 . Hayoo... mendingan pilih mana?

Kira-kira gitulah definisi sederhananya, domain merupakan nama host komputernya sedangkan DNS untuk nerjemahin host itu jadi alamat ip nya. Makanya dalam buat domain perlu ada badan pengaturnya, nggak bisa seenak udel lo buat domain. Lo kudu daftar dulu, en bakalan ditanyain mau diletakkin di ip publik berapa? Kecuali lo buat domain cuma untuk jaringan lokal aja (make ip lokal), gak perlu daftar juga gak papa. Namanya mau seenak jidat lo juga boleh. misalnya www.maimunahberakdikali.kaciandechlu juga bisa.

Nach disini gue mau jelasin gimana Install DNS en buat domain make ip lokal, di jaringan intranet, jadi gak perlu daftar. kalo lo mau publikasiin keluar, itu tergantung ip mana yang lo pake. Ok, lets go to praktek ....

Buat DNS.

1. Install dulu paket bind nya (software untuk dns di linux adalah bind)
#apt-get install bind9

2. Ganti dns di server lo dengan ip lo, misalnya ip lo 192.168.10.1 caranya:
#nano /etc/resolv.conf
-- tulis perintah dibawah berikut --

nameserver 192.168.168.1

-- berakhir di atas tulisan ini --
simpan dengan menekan ctrl+x tekan y kemudian enter

3. coba sekarang cek browsing diclient ganti dns 1 nya make ip server lo en dns 2 nya kosongin aja. kalo lo berhasil browsing maka, install dns lo dah sukses.

Cara Buat Domain.
1. setelah buat dns, lanjut dengan mengedit file named.conf
#nano /etc/bind/named.conf

2. dibagian paling bawah tulis konfigurasi berikut:
-- mulai nulis di bagian paling bawah --

zone "domainlo.com" IN {
type master;
file "db.domain";
};

zone "168.168.192.in-addr.arpa" IN {
type master;
file "db.ipadrs";
};

-- berakhir diatas tulisan ini --
simpan dengan menekan ctrl+x tekan y kemudian enter

Ket:
- Untuk bagian zone "domainlo.com" cuma permisalan doang

- Untuk bagian zone "168.168.192.in-addr.arpa" angka disini adalah ip address komputer server yang dibalik. disitu hanya contoh saja. misalnya gini, ip server lo 192.168.168.1 maka diambil tiga angka didepan dan dibalik jadi 168.168.192 . ngerti kan ? jangan dudutz-dudutz amat lah..

3. Pindahkan posisi kita ke folder /var/cache/bind
#cd /var/cache/bind

4. Buat file db.domain
#nano db.domain
-- copy kan tulisan dibawah --

; domainlo.com
$TTL 604800
@ IN SOA ns1.domainlo.com. root.domainlo.com. (
2006020201 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800); Negative Cache TTL
;
@ IN NS ns1
IN MX 10 mail
IN A 192.168.168.1
ns1 IN A 192.168.168.1
;mail IN A 192.168.0.2 ; kalo punya server email selain server ini.
www IN A 192.168.168.1
ftp IN A 192.168.168.1 ; ini kalo server lo juga ada ftpnya
;client1 IN A 192.168.168.1 ; We connect to client1 very often.

-- berakhir diatas tulisan ini --
simpan dengan menekan ctrl+x tekan y kemudian enter.

5. buat file db.ipadrs
-- copy tulisan dibawah --

; domainlo.com
$TTL 604800
@ IN SOA ns1.domainlo.com. root.domainlo.com. (
2006020201 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800); Negative Cache TTL
;
@ IN NS ns1
IN MX 10 mail
ns1 IN PTR 192.168.168.1
1 IN PTR ns1
1 IN PTR ns1.domainlo.com

-- berakhir diatas tulisan ini --
simpan make ctrl+x tekan y kemudian enter

ket: Angka 1 pada dua bagian terakhir yang bersebelahan dengan IN adalah angka belakang pada ip address. jadi kalo ip address server lo 192.168.168.10 , maka ditulis 10 . Disini permisalan ip address server kita akhirannya 1.

6. Setting file resolv.conf
#nano /etc/resolv.conf

-- tulis bagian dibawah --

search domainlo.com
nameserver 192.168.168.1
domain domainlo.com
domain www.domainlo.com

-- berakhir diatas tulisan ini --
simpen dengan ctrl+x tekan y kemudian enter.

7. Buat file options di folder /etc/network
# nano /etc/network/options
-- isikan seperti dibawah ini --

ip_forward = yes
spoofprotect = yes
syncookies = no

-- berakhir disini --
simpen make ctrl+x tekan y kemudian enter.

8. edit juga file hosts di folder /etc
#nano /etc/hosts

-- tambahkan dibawahnya --

192.168.168.1 domainlo.com

-- berakhir diatas tulisan ini --
simpen seperti biasa

9. restart program bind dan network nya
#/etc/init.d/bind9 restart
#/etc/init.d/networking restart

10. Test dengan perintah
#dig domainlo.com

Akhirnya selesai juga tutorialnya. sekarang tinggal lo mau isi apa web servernya. Tapi sebelumnya lo kudu install apache dulu. caranya:
#apt-get install apache2

Nanti semua file web lo disimpen di folder /var/www

Selamat berkreasi web, en selamat dah punya domain..!!

labels: ubuntu, linux, dns server

No comments:

LifesDream - earn money each month





Verifield - Innovative Wealth Management

Verifield - your proven partners on stock markets Hasilkan uang dari Internet? Why Not? AVAZZY.com - Real business and real incomes

Alert Pay.. Get paid for subscribe...

DbClix Join 4Shared Now!

Liberty Reserve - Online Investment


Head Tail Game Liberty Reserve LR

Flip N Win

DepositFiles

Google

Blog Archive

Get Paid to sign Up.

Internet Pay to Click

YOU can make $THOUSANDS of dollars per month...Starting from $0.00!

LinkGrand.com


Baca iklan .. dibayar loh...!

www.easyhits4u.com

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising! DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Yahoo! Movies News & Gossip

Alexa

Alexa review on mInvestment