VPS for Traders





Search This Blog

Pages

Google

Mempercepat Akses Internet dengan Local DNS Cache

Ketika kita ingin mengakses suatu situs web (catatan : bukan dalam satu network), bila kita belum mempunyai cache arp (ketik arp -an) yang berisi alamat MAC Address beserta pasangan IP / alamat domainnya, maka komputer kita akan terlebih dahulu menanyakan padanan domain address dengan IP addresnya ke DNS server terdekat yang telah kita setting sebelumnya. Proses menanyakan padanan IP address - domain name ini disebut dengan query DNS, selayaknya kita menanyakan nama atau harga suatu barang kepada penjual. Setelah kita tanya mereka pasti akan menjawabnya, begitu pula saat komputer menanyakan ke DNS Server, DNS server pun akan menjawab semampunya atau kalau dia tidak tahu, dia akan menanyakan ke DNS server lain ( ada proses pendelegasian ).

Nah kadangkala proses menanyakan itu butuh waktu ( bisa sampai ratusan milisekon, bisa dicoba cek dengan perintah dig www.howstuffworks.com misalnya ). Proses ini kalau diakumulasi untuk kunjungan ke beberapa situs agak banyak memakan waktu ( waktu untuk komputer, ratusan milisekon bisa dianggap banyak ). Ada suatu cara untuk mengurangi delay query ini, salah satunya adalah dengan menggunakan Local DNS cache, kebetulan kali ini sudah saya coba di Ubuntu Linux (bisa juga di sistem UNIX lain, dengan paket dan file konfigurasi yang berbeda).

Untuk Ubuntu yang terkoneksi ke internet dapat menggunakan perintah apt-get atau aptitude, sementara yang tidak terkoneksi ke internet dapat menginstallnya melalui paket .deb atau .rpm dan juga dari sourcenya ( kali ini saya coba gunakan perintah aptitude ).

Pertama kali install program yang bernama dnsmasq, dengan perintah sebagai berikut :


aptitude install dnsmasq

Setelah itu edit file konfigurasinya di /etc/dnsmasq.conf , masukkan konfigurasi sebagai berikut :

listen-address=127.0.0.1

( catatan : lebih baik copy dulu file konfigurasi dnsmasq.conf itu sebagai backup sebelum diubah, anda boleh menghapus isi seluruh konfigurasi di /etc/dnsmasq.conf itu kemudian menambahkan baris di atas atau di bawah konfigurasi yang sudah ada ).

Setelah itu edit file /etc/dhcp3/dhclient.conf (settingan buat komputer yang memakai dhcp), seperti biasa backup dulu baru diedit. Tambahkan baris berikut ini :

prepend domain-name-servers 127.0.0.1;
request subnet-mask, broadcast-address, time-offset, routers,
domain-name, domain-name-servers, host-name,
netbios-name-servers, netbios-scope;

Settingan di atas digunakan untuk komputer yang mendapatkan IP address dari dhcp server. Baris prepend domain-name-servers 127.0.0.1 digunakan untuk memastikan bahwa server 127.0.0.1 ( di sini adalah server DNS local kita ) menjadi server default paling atas yang akan diquery nantinya. Kemudian tambahkan baris “nameserver 127.0.0.1” sebagai berikut pada file /etc/resolv.conf (contoh):

search domainlokal.com
nameserver 127.0.0.1
nameserver 212.5.1.4
nameserver 212.6.7.8

Dengan konfigurasi di atas, berarti query pertama anda adalah ke server 127.0.0.1 ( server lokal anda). Bila dicachenya sudah ada padanan domain-IPaddress yang dimaksud maka langsung akan diberi balasan oleh server DNS local tersebut, bila tidak ada baru diteruskan ke server DNS dibawahnya.

Dengan demikian akan ada percepatan proses query, setiap kali anda mengakses suatu situs, maka datanya akan disimpan di cache DNS local. Anda dapat mengecek peningkatan performanya dengan menggunakan perintah

dig www.google.com

Lakukan dengan 2 DNS server yang berbeda, yang pertama gunakan DNS server biasa dan yang kedua gunakan DNS server lokal anda. Lihat timing querynya (bagian bawah).

Selamat mencoba, semoga bermanfaat



Source: http://ubuntulinux.or.id/

Label: Linux, ubuntu, DNS Server

No comments:

LifesDream - earn money each month





Verifield - Innovative Wealth Management

Verifield - your proven partners on stock markets Hasilkan uang dari Internet? Why Not? AVAZZY.com - Real business and real incomes

Alert Pay.. Get paid for subscribe...

DbClix Join 4Shared Now!

Liberty Reserve - Online Investment


Head Tail Game Liberty Reserve LR

Flip N Win

DepositFiles

Google

Blog Archive

Get Paid to sign Up.

Internet Pay to Click

YOU can make $THOUSANDS of dollars per month...Starting from $0.00!

LinkGrand.com


Baca iklan .. dibayar loh...!

www.easyhits4u.com

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising! DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Yahoo! Movies News & Gossip

Alexa

Alexa review on mInvestment